5 Cara Menghadapi Rasa Grogi Pada Saat Interview Kerja

Ayonguli.com - Mendapat panggilan interview atau wawancara kerja adalah yang paling ditunggu-tunggu dan penting untuk menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar kerja. Tak heran bila banyak yang merasa gugup, tapi tenang ada banyak cara menghadapi rasa grogi pada saat interview kerja.
 Cara Menghadapi Rasa Grogi Pada Saat Interview Kerja
Rasa nervous bisa dialami siapa saja, apalagi bagi mereka yang fresh graduate atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Perlu kamu ketahui bahwa rasa grogi atau gugup bisa membuat kamu gagal diterima kerja. Karena kamu akan cenderung melakukan kesalahan saat interview. 

Kamu harus bisa mengatasi rasa grogi tersebut. Meskipun begitu rasa gugup sebenarnya wajar saja, tapi jangan sampai mempengaruhi sikap kamu dihadapan pewawancara. 

Inilah Cara Menghadapi Rasa Grogi Pada Saat Interview Kerja


Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi rasa grogi berlebihan ketika interview kerja!

Persiapan diri secara matang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan interview kerja secara matang. Kalau persiapan kamu sudah oke, maka akan mengurangi rasa grogimu. Persiapan ini mulai dari mengetahui seluk beluk dan posisi yang kamu lamar di perusahaan.
Pengetahuan yang cukup tentang hal itu dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu. Manfaatkan google untuk mencari info tambahan tentang perusahaan atau posisi yang kamu incar. Persiapan yang kedua adalah penampilan kamu. 

Kenakan pakaian terbaik, bersih, rapi dan sopan. Hindari menggunakan banyak aksesoris, apalagi yang dapat mengganggu kamu saat interview. Wawancara kerja itu bagaikan ujian, kalau ingin mendapatkan nilai bagus yang perlu belajar maksimal. 

Latihan menjawab pertanyaan interview

Setelah browsing tentang perusahaan dan memperoleh informasi yang cukup, selanjutnya kamu harus latihan menjawab. Kamu bisa mencari di google tentang daftar pertanyaan yang biasanya dilontarkan dalam wawancara kerja. 

Setelah membuat daftar pertanyaan tersebut, kamu minta seseorang membantu kamu memberikan pertanyaan kepada kamu. Berlatihlah menjawab dengan kalimat efektif, sikap yang bagus dan jawaban yang berisi, singkat dan padat. Kesalahan dalam berkata bisa mengurangi nilai kamu.

Siap jika ada kejadian tak terduga


Tidak selamanya semua kegiatan berjalan mulus. Terkadang, ada sedikit insiden yang membuat kamu jengkel atau bosan. Misalnya seperti tiba-tiba hujan turun, macet berkepanjangan, bajumu tak sengaja terkena noda dan lain sebagainya. 

Nah, kamu juga harus mempersiapkan hal itu. Jangan sampai wawancara gagal karena itu. Kamu harus mengantisipasi hal tersebut dengan membawa payung kalau sudah tahu cuaca buruk. Jika jalan ke perusahaan macet, maka berangkatlah lebih pagi dan sebagainya. 

Selalu positif thingking

Cara menghadapi rasa grogi pada saat interview kerja berikutnya adalah harus selalu memiliki pikiran yang positif, optimis dan hindari pikiran negatif. Bayangkanlah kalau kamu bisa menjawab semua pertanyaan dari HRD dengan rasa percaya diri penuh dari awal hingga akhir interview. 

Ketika kamu berpikir positi, maka semesta akan mendukungmu mewujudkan impianmu itu. Jangan pernah ragu dengan kemampuan diri kamu. Bila sudah berpikir positif, tapi masih grogi atau gugup, coba ingat bahwa HRD sudah tertarik padamu sejak CV kamu dikirimkan. 

Olah napas

Sebelum giliran kamu, cobalah untuk meengolah napas. Kamu bisa menarik napas secara perlahan, lalu melepaskannya beberapa kali. Atur napas yang benar bisa membuat kamu tenang dan menghilangkan rasa tegang. Jika diri kamu sudah tenang, maka kamu bisa melakukan terbaik. 

Olah napas bisa kamu lakukan selama 5 menit dengan sikap tegak lurus, mata tertutup dan tangan di perut. Lalu, tarik napan perlahan melalui hidung, tahan beberapa saat dan rasakan udara yang masuk ke perut, baru kemudian hembuskan secara perlahan melalui mulut. Proses relaksasi ini membantumu mengurangi rasa gugup.
Back To Top